Android Platform

Android Studio-Belajar Yuk

codingers.com – Ada beberapa cara untuk mendekati Android Development tetapi sejauh ini yang paling resmi dan kuat adalah menggunakan Android Studio. Ini adalah IDE resmi (Integrated Development Environment) untuk platform Android, yang dikembangkan oleh Google dan digunakan untuk membuat sebagian besar aplikasi yang mungkin Anda gunakan setiap hari.

Android Studio pertama kali diumumkan pada konferensi Google I / O pada tahun 2013 dan dirilis ke publik pada tahun 2014 setelah berbagai versi beta. Sebelum peluncurannya, pengembangan Android ditangani terutama melalui Eclipse IDE, yang merupakan IDE Java yang lebih generik yang juga mendukung banyak bahasa pemrograman lainnya.

Android Studio membuat hidup jauh lebih mudah dibandingkan dengan perangkat lunak non-spesialis, tetapi masih memiliki sedikit cara untuk pergi sebelum dapat mengklaim sebagai pengalaman yang benar-benar intuitif dan halus. Untuk pemula yang lengkap, ada banyak sekali hal yang perlu dipelajari di sini dan banyak informasi yang tersedia – bahkan melalui saluran resmi – entah ketinggalan zaman atau terlalu padat untuk dijadikan kepala atau ekor.

Dalam posting ini, kami akan menjelaskan apa yang dilakukan dengan sedikit lebih detail dan membahas fungsionalitas dasar yang Anda butuhkan untuk memulai. Saya akan mencoba dan menjaga semuanya semudah mungkin dan semoga ini akan menjadi langkah pertama dalam perjalanan Anda menuju Android Development.

Jadi apa itu Android Studio?

Android Studio

Bagi Anda yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya dalam pengkodean mungkin masih bertanya-tanya apa tepatnya Peran Android Studio adalah ketika datang ke pengembangan … apa sih IDE itu?
Sebagai sebuah IDE, tugas nya adalah menyediakan antarmuka bagi Anda untuk membuat aplikasi dan menangani banyak pengelolaan file yang rumit di belakang layar. Bahasa pemrograman yang akan Anda gunakan adalah Java dan ini akan diinstal secara terpisah pada mesin Anda. hanya di mana Anda akan menulis, mengedit dan menyimpan proyek Anda dan file yang terdiri dari proyek-proyek tersebut. Pada saat yang sama, Aplikasi ini akan memberi Anda akses ke SDK Android atau ‘Kit Pengembangan Perangkat Lunak’. Anggap ini sebagai perpanjangan kode Java yang memungkinkannya berjalan dengan lancar di perangkat Android dan memanfaatkan perangkat keras asli. Java diperlukan untuk menulis program, SDK Android diperlukan untuk membuat program-program tersebut berjalan di Android dan memiliki tugas menyatukan semuanya untuk Anda. Pada saat yang sama, pun juga memungkinkan Anda untuk menjalankan kode Anda, baik melalui emulator atau melalui perangkat keras yang terhubung ke komputer Anda. Selanjutnya Anda juga dapat ‘men-debug’ program saat dijalankan dan mendapat umpan balik yang menjelaskan kerusakan, dll. Sehingga Anda dapat memecahkan masalah dengan lebih cepat

Google telah melakukan banyak pekerjaan untuk membuat Android Studio sekuat dan sebisa mungkin membantu. Ini menawarkan petunjuk langsung saat Anda mengkodekan misalnya dan sering menyarankan perubahan yang diperlukan yang dapat memperbaiki kesalahan atau membuat kode Anda lebih efisien. Jika suatu variabel tidak digunakan misalnya, itu akan disorot abu-abu. Dan jika Anda mulai mengetikkan baris kode, Android Studio akan memberikan daftar saran pelengkapan otomatis untuk membantu Anda menyelesaikannya; hebat jika Anda tidak dapat mengingat sintaks yang benar atau hanya ingin menghemat waktu!

 

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close